Welcome To Bagus Ihsan Blos

0 Tips Memilih Printer yang Bagus dan Awet

Printer yang bagus dan awet tentu sangat dicari orang, namun untuk mencari printer yang baik dan tahan lama gampang-gampang susah. Membeli printer membutuhkan kesabaran yang tinggi karena beraneka ragam merk printer berkualitas ditawarkan oleh pedagang. Tentu semua merk yang dijualnya berkualitas semua. Namun kita jangan langsung percaya terhadap perkataan sang penjual. Harus kita cari tahu terlebih dahulu printer mana yang benar-benar berkualitas agar tidak menyesal dikemudian hari. Memilih printer yang bagus dapat dilakukan dengan membandingkan merk printer dari pengalaman orang-orang yang telah menggunakan merk printer tersebut. Kita dapat mencarinya di internet yang bersumber dari blog-blog atau forum yang membahas tentang tips memilih printer yang berkualitas. Saya disini akan berbagi tips tentang cara memilih printer yang bagus dan awet. Pengalaman menggunakan printer sudah saya rasakan ketika membuka bisnis fotokopi yang dibarengi dengan bisnis rental dan print, anda bisa membaca tulisan saya mengenai Bisnis Fotokopi dan Print Masih Menjanjikan. Printer yang saya gunakan adalah printer Canon, HP dan Epson. Ketiga printer tersebut memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Cukup sulit untuk membedakan hasil cetakan karena setiap printer memiliki hasil cetak yang baik dan tidak terlalu berbeda satu sama lain. Asal hasil cetakan tidak bergaris dan jelas (dapat dibaca) saya rasa sudah sangat memuaskan.
Kalau disuruh membandingkan ketiga merk printer yang saya sebutkan tadi (Canon, HP dan Epson), saya akan memilih Epson. Mengapa? Printer Epson memiliki keunggulan dalam hal reliability (kehandalan) atau bahasa mudahnya paling awet dan tidak gampang rusak. Pengalaman saya, sudah 3 kali saya memperbaiki (ganti cartridge) printer Canon yang saya miliki, namun printer Epson belum sekalipun mengalami kendala. Tentu tingkat keseringan mencetak antara printer Epson dan Canon ini dapat saya katakan sama karena saya letakkan saling bersebelahan di Fotokopian yang saya miliki. Untuk membandingkan ketiga merk printer tersebut, saya akan membedakan berdasarkan indikator-indikator yang biasanya dibutuhhkan untuk menghasilkan cetakan yang berkualitas, kecepatan dan kehandalan printer itu sendiri.

Tips Memilih Printer

tips-memilih-printer
Printer yang digunakan untuk perbandingan adalah Canon 2770, Epson L110 dan HP Deskjet 1000.
1. Hasil Cetakan
Untuk hasil cetakan berwarna, printer Epson memiliki keunggulan dibandingkan Canon dan HP. Untuk cetakan hitam putih saya rasa Canon dan HP lebih tajam, meskipun begitu Epson tetap menghasilkan cetakan yang jelas dan dapat dibaca. Secara pribadi, mau cetak hitam putih menggunakan printer Canon, Epson, maupun HP sama saja, tidak terlalu berpengaruh. Asal printer masih dalam kondisi sehat dan tidak bergaris, hasil cetakan akan bagus semua. Namun untuk cetak berwarna printer Epson saya rasa paling bagus karena dari info yang tercantum pada kotak masing-masing printer dan yang saya lihat sendiri hasilnya, Epson paling berkualiatas karena memiliki max. resolusi yang tinggi, yaitu 5760. Sedangkan Canon dan HP sama-sama memiliki max. resolusi 4800.
Hasil cetak warna:
1. Epson
2. Canon
3. HP
Hasil cetak hitam putih:
1. Canon
2. Epson
3. HP
2. Kecepatan
Untuk kecepatan, printer merk Canon memang lebih unggul dibandingkan HP dan Epson. Dari spesifikasi yang dimiliki antara Canon, Epson dan HP masing-masing mempunyai kecepatan 48 ppm, 27 ppm, 12 ppm. PPM merupakan singkatan dari Page Per Minute atau jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia berarti Lembar per Menit. Buat anda yang ingin buru-buru melakukan printing dokumen, bisa menggunakan Canon.
Kecepatan:
1. Canon
2. Epson
3. HP
3. Ketahanan
Dari pengalaman yang saya dapatkan, ketahan masing-masing printer cukup berbeda jauh. Epson sangat handal dibandingkan Canon dan HP. Pada pendahuluan sudah saya sedikit singgung dimana Epson masih belum mengalami gangguan sedangkan Canon sudah ganti cartridge sampai 3 kali. Sedangka HP masih lebih awet. Kuantitas pemakaian cukup seimbang satu sama lainnya, hanya HP yang jarang digunakan. Dalam waktu 1 bulan, printer Epson dan Canon bisa sampai 10.000++ lembar. Untuk HP hanya saya jadikan cadangan saja, jadi saya masih ragu mengatakan kehandalan HP lebih baik atau buruk.
Ketahanan:
1. Epson
2. Canon
3. HP
4. Harga
Pernah mendengar ungkapan “Harga Menentukan Kualitas”? Nampaknya ungkapan tersebut benar-benar bisa dijadikan tolak ukur. Untuk harga ketiga printer yang dibandingkan berbeda satu sama lainnya, Canon IP 2770 berharga Rp. 600.000, HP berharga Rp. 350.000 dan Epson Rp. 1.500.000. Dari perbandingan harga tersebut, Epson jauh lebih mahal dibandingkan Canon dan HP.
Harga:
1. HP
2. Canon
3. Epson
Berdasarkan uraian di atas, saya menyarankan anda membeli printer sesuai dengan budget yang anda miliki. Jika pemakaian jangka panjang, saya sarankan menggunakan Epson L110. Namun jika budget yang dimiliki rendah, anda bisa membeli Canon atau HP. Tapi saya sarankan untuk membeli Canon karena printer yang satu ini jika rusak mudah diperbaiki.
Demikian tips memilih printer yang bagus dan awet. Semoga bermanfaat.


Mari Kita Saling Menghargai Sesama Blogger
Apabila anda merasa artikel ini bermanfaat, silahkan share dimana saja.
Dan jika berkenan mohon mencantumkan link sumbernya. Terima Kasih.
^_^

Artikel Menarik Lainnya :

Diskusi